Play Streaming Now!!
hot news
Grebeg Sudiro 2016

EVENT SOLO RAYA: Grebeg Sudiro 2016

Posted : Minggu, 31 Januari 2016 13:02 /     /   no komentar

SoloposFM, Solo – Grebeg Sudiro adalah suatu perayaan perpaduan dari masyarakat Tionghoa-Jawa. Puncak perayaan ini adalah saat perebutan hasil bumi, makanan, dan lain-lain yang disusun membentuk gunung.

Dalam grebeg sudiro gunungan disusun dari ribuan kue keranjang, kue khas orang tionghoa saat menyambut imlek. Gunungan ini diarak disekitar kawasan Sudiroprajan, diikuti pawai dari kesenian Tionghoa dan Jawa. Dari kesenian barongsai, tarian, pakaian tradisional, adat keraton sampai kesenian kontemporer akan digelar di sepanjang jalan kawasan Sudiroprajan. Arak-arakan akan berhenti di depan Klenteng Tien Kok Sie di depan Pasar Gede. Perayaan berakhir dengan dinyalakannya lentera atau lampion berbentuk teko yang digantung di atas pintu gerbang Pasar Gede, penyalaan ini juga diikuti penyalaan lampion ditempat-tempat lain.

Awal mula perayaan grebeg sudiro adalah pada tahun 2007, meskipun bukan perayaan dari masa lalu, tapi perayaan ini merupakan pengembangan tradisi yang telah ada sebelumnya, Buk Teko. Buk Teko (dari kata buk tempat duduk dari semen di tepi jembatan atau di depan rumah, sedangkan kata teko ialah poci, tempat air teh) adalah tradisi syukuran menjelang imlek dan sudah dirayakan semenjak Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono X (1893-1939). Grebeg Sudiro telah berkembang menjadi dialog elegan antara etnis Tionghoa dan Jawa.

Tahun 2016 ini Grebeg Sudiro akan berlangsung di kawasan Pasar Gedhe Pada 6 – 8 Februari 2016. (Windi Wicaksono)